Ilustrasi – Cerita tentang 3 Buah Pohon

ga081210

Pada suatu ketika adalah tiga buah pohon yang tumbuh di lereng suatu bukit. Mereka membicarakan harapan dan impian mereka. Pohon yang pertama berkata, “Saya berharap saya akan menjadi suatu kotak harta yang berharga. Saya akan diisi dengan emas, perak dan barang berharga lainnya. Saya akan diukir dengan indah dan setiap orang dapat melihat keindahan saya.”

Kemudian pohon kedua berkata, “Pada suatu ketika saya akan menjadi sebuah kapal yang perkasa. Saya akan membawa para raja dan ratu mengarungi samudera dan berlayar ke ujung dunia. Setiap orang akan merasa aman di dalam diri saya.”

Akhirnya pohon yang ketiga berkata, “Saya ingin tumbuh menjadi pohon yang paling tinggi dan paling tegak di daerah ini. Orang dapat melihat saya di puncak sebuah bukit dan melihat ke cabang-cabang saya, dan berpikir betapa dekatnya saya dengan sorga dan Tuhan hingga bisa meraihnya. Saya akan menjadi pohon yang terbesar sepanjang zaman dan orang akan selalu ingat akan saya.”

Setelah beberapa tahun mereka berdoa agar impiannya menjadi kenyataan, sekelompok penebang kayu datang ke situ. Ketika salah seorang penebang kayu datang ke pohon yang pertama ia berkata, “Ini tampaknya pohon yang kuat, saya kira saya dapat menjual kayunya pada seorang tukang kayu”. Ia pun mulai menebang pohon itu. Pohon itu merasa bahagia, karena ia merasa tukang kayu itu akan membuatnya menjadi kotak harta yang berharga.

Pada pohon kedua salah seorang penebang kayu berkata, “Ini tampaknya pohon yang kuat, saya tentu bisa menjualnya pada seorang tukang pembuat kapal.”

Pohon kedua juga merasa bahagia karena dengan cara itu ia mengira akan menjadi kapal yang perkasa.

Ketika penebang kayu itu sampai ke pohon yang ketiga, pohon itu merasa cemas karena kalau ia ditebang maka impiannya tak akan menjadi kenyataan. Salah seorang tukang kayu berkata, “Saya tidak memerlukan hal-hal istimewa pada pohon saya, maka saya akan ambil saja pohon ini,” ia pun menebangnya.

Ketika pohon pertama tiba di tempat tukang kayu, tukang kayu itu membuatnya menjadi kotak makanan untuk hewan. Ia menaruhnya di sebuah kandang dan mengisinya dengan jerami. Pohon tu kecewa, ini sama sekali bukan hal yang dimohonnya dalam doa.

Pohon kedua dipotong-potong dan dijadikan sebuah perahu nelayan yang kecil. Impiannya untuk menjadi sebuah kapal yang perkasa yang membawa para raja haruslah berakhir.

Pohon ketiga dipotong menjadi potongan-potongan yang besar dan ditinggalkan dalam kegelapan.

Tahun-tahun pun berlalu, dan pohon-pohon itu sudah melupakan impian mereka. Pada suatu hari, seorang laki-laki dan perempuan masuk ke kandang dan meletakkan seorang bayi di atas jerami dalam kotak makanan yang dibuat dari pohon yang pertama. Orang laki-laki itu hendak membuat sebuah tempat tidur bayi dan palungan itu cocok untuk itu. Pohon itu pun dapat merasakan pentingnya peristiwa itu dan tahu bahwa ia pernah digunakan untuk menaruh sesuatu yang paling mulia sepanjang segala zaman.

Beberapa tahun kemudian, sekelompok orang menumpang kapal nelayan yang dibuat dari pohon yang kedua. Salah seorang di antaranya lelah dan tertidur. Ketika mereka sedang berada di tengah danau, mereka diterjang badai dan pohon itu merasa tidak cukup kuat melindungi orang-orang itu. Orang-orang itu membangunkan orang yang tertidur itu, dan Ia berdiri dan berkata, “Tenanglah” dan badai pun berhenti. Pada saat itu juga tahulah pohon itu bahwa ia telah membawa Raja dari segala raja di perahu itu.

Akhirnya, datanglah seorang yang mengambil pohon yang ketiga. Kayu itu dibawa sepanjang jalan oleh seorang dan orang-orang mengolok-olok orang yang membawa kayu itu. Ketika sampai di tujuan, orang itu dipaku pada pohon itu, ditegakkan dan Ia mati di puncak bukit. Ketika Minggu tiba, pohon itu menyadari bahwa ia cukup kuat berdiri di atas bukit itu dan berada sangat dekat dengan Tuhan, karena Yesus telah disalibkan di pohon itu.

Moral dari cerita ini adalah, bila sesuatu tampaknya tidak berjalan sesuai dengan kehendak Anda, ketahuilah bahwa Tuhan mempunyai rencana untuk Anda. Bila Anda menaruh kepercayaan pada Dia, Ia akan memberi Anda anugerah besar. Setiap pohon memperoleh hal yang diinginkan, hanya bukan dengan cara yang mereka bayangkan. Kita tidak selalu mengerti rencana Tuhan untuk kita. Kita hanya tahu bahwa caraNya bukan cara kita, tetapi kita tahu bahwa caraNya selalu yang terbaik.

Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada-Nya. (Matius 7:11)

About these ads

Tag: , , ,

19 Tanggapan to “Ilustrasi – Cerita tentang 3 Buah Pohon”

  1. Raraz Says:

    trim’s yaw…
    cukup membantu saia…
    dan membuat smakin sadar..Tuhan bisa berikan yang terbaek untuk saia….

  2. Generson Says:

    waduh,, thx bgt ya.. ilustrasi yang cukup bagus buat saya bawakan dalam sekolah minggu..

  3. Lidya Dembi Says:

    Thanks yach…..Ilustrasinya sangat memberkati dan membuat saya Tahu apa arti hidup ini yang sesungguhnya…GBU

  4. Lidya Dembi Says:

    Thanks yach….lewat ilustrasi ini saya sangat di berkati dan membuat saya mengerti arti hidup ini yang sesungguhnya dan membuat saya tahu betapa besar pengorbanan Yesus bagi hidup saya….

  5. Nilman Says:

    Saya yakin tuhan punya rencana yg lbh indah dlm hdp saya lbh dr yg saya Impikan slama ini.

  6. sumin kase Says:

    Thx. Luarbiasa sy suka cerita 2x ilustrasi

  7. Riolga Baturante Says:

    Makin percaya bahwa Tuhan memiliki Rancangan Terbaik buat hidupku.

  8. Elvi Martavip Yulietta Hutabarat Says:

    Dalam perjalanan hidup……kita tidak dapat mengambil keputusan yg singkat untuk sesuatu yg belum kita dapatkan……apalagi kecewa……karena dibalik semua peristiwa, pergumulan, dan penderitaan ada rencana Tuhan yg terindah buat hidup kita……percayalah !!! Yesus selalu setia baik kemarin, hari ini sampai selama2nya…..sudah setiakah kita kepadaNya…….Syalom…..

  9. Victorya Says:

    Memng, rencana Tuhan itu sll indah pada wktunya, bukan keinginan qt manusia, namun keinginan Tuhanlah yg kiranya kan jdi patokan hdup qta.

  10. Pdm.Moratua sinaga Says:

    thanks buat illustrasinya, sangat membantu sy dalam berkhotbah

  11. Talibudi Zendrato Says:

    Mantap

  12. Diane Lampus Says:

    makasih utk ilustrasinya menambah bahan khotbah saya ketika memimpin ibadah jemaat

  13. Betco Simarmata Says:

    Thank you…sgt memberkati…

  14. yati lulu Says:

    thanks ya..ilustrasinya sangat menolong saya bwt bhan skolah minggu dan jga bwt sya mnjalani pergumulan.

  15. dina pantalo Says:

    thank you…memberi inspirasi dalam melayani anak2 sekolah minggu

  16. hartiningsih Says:

    pada saat ini ada pergumulan dihatiku,berkat illustrasi ini ada terang yang mendamaikan

  17. Novi susanti Says:

    ilustrasi yg sangat luar biasa memberkati saya bahwa Tuhan mempunyai rencana yg indah untuk hidup saya.

  18. Handy Says:

    HeBaT….///

  19. ency Says:

    terimakasih, sungguh membangun

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: