Naskah Khotbah – Kebenaran tentang Iblis

Pendahuluan

Iblis itu ada.  Kita harus memulainya dari mengerti fakta tentang ini dahulu.  Jika saudara belum percaya bahwa iblis ada, maka percayalah bahwa dia ada.  Karena Alkitab mengajarkan dia ada.  Iblis itu ada dan dia selalu berusaha untuk menjauhkan manusia dari mengenal Tuhan.

Biasanya tanggapan terhadap keberadaan Iblis adalah kita menjadi takut atau kita mengacuhkannya.  Bodoh amat iblis ada, yang penting dia tidak ganggu aku.  Aku juga tidak pernah berhubungan dengan iblis dengan cara pergi ke dukun, meramal, atau sebagainya.  Atau kita menjadi takut.  Kedua tanggapan ini adalah salah.  Setiap anak Tuhan perlu mengetahui bahwa iblis itu ada dan kita perlu menanggapinya dengan serius, tetapi tidak perlu menjadi takut.

Kalimat Peralihan

Untuk bisa mengalahkan musuh secara efektif, maka kita perlu untuk mengenal musuh kita dengan baik.  Maka hari ini saya akan bicara tentang apa yang firman Tuhan katakan mengenai iblis.  Inilah kebenaran tentang iblis berdasarkan firman Tuhan:

Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta.

(Yohanes 8:44)


Isi

1.   Iblis selalu bohong = tidak pernah jujur.

sebab di dalam dia (= iblis) tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta. (Yohanes 8:44)

Kebenaran pertama tentang iblis adalah ia selalu berbohong, ia tidak pernah jujur.  Apapun yang keluar dari mulutnya adalah kebohongan belaka.

Saudara pasti tidak suka dekat-dekat, berteman dengan seorang yang suka berbohong.  Benar bukan??? Sebab kebohongan akan menyakiti kita, merugikan kita.. Iblis adalah seorang yang selalu bohong, ia tidak pernah jujur.  Lalu untuk apa kita mempercayai apapun yang ia katakan dari mulutnya??

Kita perlu sangat berhati-hati dengan hal ini, karena iblis adalah seorang yang sangat lihai berbohong.  Ia adalah ahlinya.. Kalo iblis punya gelar, maka ia punya gelar master dan Ph. D dalam bidang kebohongan. Ia akan sangat meyakinkan kita bahwa ia berkata benar, bahwa inilah jalan keluar untuk masalah kita, bahwa ia bermaksud baik.  Tetapi, mohon ingat baik2 bahwa : IBLIS SELALU BOHONG… IA TIDAK PERNAH JUJUR.  Seberapun menyakinkannya perkataan iblis, ingatlah bahwa dia selalu bohong.

Karena begitu ahlinya, ia bisa menyamar sebagai seorang malaikat terang..

Hal itu tidak usah mengherankan, sebab Iblis pun menyamar sebagai malaikat Terang (2 Kor. 11:14).

-  Iblis bisa menipu dengan bekerja melalui seorang pendeta palsu yang mengaku bisa menyembuhkan berbagai penyakit.. yang akhirnya dikejar adalah kesembuhan dari penyakit, bukan Tuhannya yang menyembuhkan

-  Iblis bisa menipu dengan bekerja melalui seorang kristen yang mengaku dukun putih, bisa meramal – dengan ilmu putih.. = Alkitab dengan tegas menentang setiap orang yang melakukan tenung/sihir/ramal.. (Yeremia 27:9, II Taw 33:6)

-  Iblis bisa menipu dengan berpura-pura menjadi keluarga kita yang sudah meninggal..

-  Iblis bisa menipu dengan cerita-cerita mukjizat yang tampaknya kristiani: Patung bunda Maria menangis darah di NTT, Semarang, Vietnam, Korea.. menjadi disembah-sembah, berdoa kepada bunda Maria minta diampuni dosanya, darahnya juga dicek ke laboratorium benar-benar darah manusia dan berkhasiat menyembuhkan.

Adalah penting untuk kita waspada, karena segala sesuatu yang tampaknya baik untuk kita belum tentu datang dari Allah.  Karena semua yang baik, belum tentu benar.  Bisa jadi itu adalah tipuan dari iblis.  Tampaknya seperti jawaban Allah atas permasalahan kita, tetapi sebenarnya adalah tipuan iblis untuk kita tidak mengenal Allah secara benar.  Untuk kita menjadi hidup nyaman, tetapi tidak hidup benar.

Semua kesempatan terbuka apakah pasti dari Tuhan?  Jawabannya adalah TIDAK.. bisa jadi justru adalah cara iblis untuk membuat kita semakin jauh dari Tuhan.  Mungkin inilah rencana Tuhan.  Mungkin inilah jawaban doaku.. Benar???

Bagaimana cara membedakannya?? Pikirkan dulu baik2: Apakah ketika sebuah kesempatan terbuka, hal ini akan membuat aku semakin dekat dengan Tuhan atau malah menjauh dari Tuhan? Dulu pelayanan, sekarang tidak bisa lagi.. Dulu rajin beribadah, sekarang sebulan sekali.. Hati-hati ini bisa jadi tipuan iblis..

Selalu cek dengan Alkitab.  Selalu dekat dengan Tuhan melalui doa dan membaca kebenarannya setiap hari.  Lihat apakah Tuhan mengizinkan bahwa meramal adalah benar?? Apakah kesembuhan dari penyakit selalu adalah kehendak Tuhan?

Kebohongan iblis terbesar adalah anda tidak dapat lepas dari dosa anda, anda sudah lemah, anda sudah kalah, anda tidak akan bisa menang lagi dari dosa ini..

ilustrasi: strategi iblis adalah seperti ini.. burung kakak tua yang kakinya diikat kaki sejak kecil, yang membuat dia tidak terbang, hanya bisa melompat.. bahkan setelah ikatan kakinya dilepas.. Inilah strategi iblis, jangan mau ditipu.  Ikatan saudara telah lepas dari dosa itu.  Anda bisa menang melawan dosa.  Anda bisa menang..

2.   Iblis selalu merugikan.

Ia adalah pembunuh manusia sejak semula.

Yang perlu saudara ingat baik-iblis adalah Iblis tidak pernah menyukai manusia.  Iblis membenci manusia, karena ia cemburu manusia sangat dikasihi oleh Allah, sampai diciptakan segambar dan serupa dengan Allah; sementara ia dibuang.   Maka, kebenaran kedua tentang iblis adalah ia selalu merugikan manusia.  Membangun relasi dengan iblis, tidak akan membawa kita kepada keberuntungan dan keuntungan, tetapi akan merugikan kita.  Pasti merugikan.

Jika engkau pergi dukun, dan jangan pergi.. Salah.. Katakan saja orang lain, seseorang datang kepada dukun, minta jodoh atau kesembuhan, atau penglaris.. jangan percaya bahwa dia akan mendapat apa yang dia mau, lalu…. selesai?? Yes, dia akan mendapat apa yang dia mau.  Jodoh ia akan dapat, kesembuhan ia akan dapat, atau penglaris ia akan dapat.  Tetapi apakah lalu selesai??  Anda datang ke dukun, anda bayar uang, anda dapat apa yang anda mau, lalu selesai.

Terlalu sering saya mendengar bahwa orang-orang yang pergi ke dukun, maka beberapa saat kemudian, iblis akan datang untuk menagih.  Entah hidupnya sendiri menjadi sakit parah, atau hidup anaknya, atau sekedar diperbudak terus oleh iblis sampai tua untuk terus melakukan ini itu ini itu.  Jika tidak melakukan ini itu ini itu, maka akan terjadi kecelakaan atau musibah – katanya… maka akhirnya kita dibodohi terus untuk setiap tanggal ini begini, tanggal itu begini..  Kecuali ia dilepaskan oleh kuasa Tuhan, maka semenjak ia telah pergi ke dukun, iblis tidak akan melepaskan dirinya sampai mati.

Ilustrasi: Pernah terjadi, di Jerman, pada tahun 1930-an.  Ada seorang pemuda mau menikah, tidak memiliki uang.  Temannya menyarankan untuk meminta uang kepada iblis, dengan cara menulis surat permintaan uang dengan darahnya dan pada jam 12 malam memanggil nama Lucifer.  Berhasil dilakukan.  Tetapi semenjak itu, ia terus menerus di kejar oleh iblis sampai kesehatannya menurun..

Iblis tidak akan bertanggung jawab setelah itu.. engkau sakit-sakitan terus, apa ia akan tanggung jawab? Tidak.. usahamu jadi bangkrut setelah itu, apakah ia akan tanggung jawab? Tidak.. Percayalah bahwa iblis selalu merugikan, jangan mau berteman dengan dia.

3.   Iblis hanya punya kuasa (kekuatan) kalau kita mempercayainya.

Kita perlu berhati-hati dengan iblis, kita perlu serius menanggapi bahwa dia ada, tetapi kita tidak perlu terlalu menakutinya.  Sebab iblis hanya dapat berkuasa atas kita apabila kita mempercayainya.  Prinsip “jadilah seperti imanmu” (Matius 9:29) berlaku baik positif maupun negatif.  Termasuk dalam berurusan dengan iblis, jika saudara percaya bahwa iblis memiliki kuasa atas anda, maka jadilah seperti imanmu.

Bagaimana saudara mempercayai iblis?

-  dengan mencari iblis untuk meminta sesuatu, dengan pergi ke dukun dan sebagainya,

-  dengan menjadi terlalu takut padanya.. itu artinya saudara menjadi tunduk kepadanya.  Saudara menjadi percaya kepadanya bahwa dia memiliki kuasa untuk menyakiti anda, dan anda menjadi tunduk kepadanya.

Faktanya adalah saudara tidak perlu takut dengan iblis.  Iblis sudah dikalahkah oleh kematian Tuhan Yesus di kayu salib (Ibrani 2:14).

Firman Tuhan berkata DENGAN JELAS kalau kita melawan iblis, ia akan lari.  Asal syaratnya dipenuhi, saudara memiliki hidup yang tunduk kepada Allah.

Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu! (Yakobus  4:7)”

Ilustrasi: seorang pendeta yang gagal mengusir iblis, karena ia berselingkuh \ mencuri uang gereja..

Untuk dapat melawan iblis, untuk dapat membuat dia lari dari dirimu, kita harus memiliki hidup yang tunduk kepada Allah.

Penutup

Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya. (I Petrus  5:8)

Saudara tidak bisa mengacuhkan iblis.  Saudara tidak dapat berkata “yang penting dia tidak ganggu aku“. Karena iblis sangat perduli dengan anda.  Ia sangat aktif untuk mempengaruhi anda.  Bisa lewat:

-  ketakutan..

-  takhayul \ mitos \ tradisi nenek moyang..

-  pengertian bahwa dosa = refresing, hiburan, variasi dari kebosanan hidup.

Namun yang perlu diingat adalah semua yang dikatakannya adalah kebohongan.  Kita tidak perlu takut dengannya.  Kita bisa menang melawan dia.. Kita lawan dalam nama Tuhan Yesus, ia akan lari.  Kita juga jangan sampai mau berhubungan, berteman dengan dia, karena pasti akan merugikan saudara.

Jangan beri kesempatan kepada iblis (Efesus 4:27) dengan mempercayainya.  Sebab ia hanya bisa berkuasa atas anda apabila anda mempercayainya.  Lawanlah dia.  Karena kita punya Tuhan Yesus yang hebat.  Amin?

Tag: ,

5 Tanggapan to “Naskah Khotbah – Kebenaran tentang Iblis”

  1. Ependi Sembiring Says:

    Saya setuju dengan khotbah ini, Kebenaran tentang iblis berdasarkan firman Tuhan.
    Mohon diemailkan ke saya khotbah2 ringkas seperti ini, sekali lagi saya ucapkan terima kasih.

  2. indas wenda Says:

    waw… ternya secara tidak sadar apa yang kita lakukan itu bisa hubungan kita dengan Allah

    hey…guys mari kita jaga diri dari iblis tapi tidak boleh takut sama pembohon itu ya…??? thanks atas firtu

  3. syane Deice Sanger Says:

    puji Tuhan kotbah yang sangat spesifik ttg siapa sebenarnya Bapa segala pendusta itu! yaitu iblis!!…
    biarkan iblis selamanya ada jauh di bawah telapak kaki kt..jgn ijinkan dia naik walau 1 sentipun..
    mohon di email kan ke saya ya kotbah2nya. tks n GBU

  4. karmes kuahaty Says:

    thank’s GOD.. hr ini aku bs blajar,. Untuk tahu akan kelemahan dan tipudaya iblis.. Tuntun aku slalu ya Tuhan, agar aku tidak goyah melawan godaan iblis..

  5. Dwinda hegel Says:

    bagaimana cara berlangganan khotbah ini?????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: