Khotbah – Pemanasan Global

truth20about20global20warming

Pendahuluan
Apakah pernah sakit flu? Cara sembuh dari sakit flu??? Istirahat total dan minum air hangat yang banyak. Atau cara paling gambang, makan obat flu yang telah tersedia dengan luas pada masa sekarang. Tetapi, tahukah anda bahwa sakit flu, yang merupakan penyakit sepele pada masa kini, telah membunuh 16 juta orang Asia, 2 juta orang Eropa, dan ratusan ribu orang Amerika pada tahun 1918??? Pada masa kini, penyakit flu adalah penyakit sepele yang telah dijamin pasti dapat disembuhkan oleh perkembangan ilmu kedokteran masa kini.

Kalimat Peralihan
Apakah contoh ini membuktikan kepada kita bahwa dunia semakin hari menjadi semakin baik? Dengan teknologi yang semakin berkembang dengan luar biasa, apakah benar dunia menjadi semakin baik??? atau sebaliknya???

Fakta: dunia semakin hari tidak menjadi semakin baik, dunia semakin hari semakin kritis. Apakah masalahnya??? Mengapa dunia semakin hari malah menjadi semakin kritis? Karena terjadi sesuatu yang disebut oleh para ahli sebagai pemanasan global (global warming) – dan inilah yang menjadi tema khotbah saya hari pada hari ini.

Sebelumnya, mari kita kembali ke firman Tuhan (harus selalu kembali ke firman Tuhan, bukan kembali ke laptop). Sebagai dasar pembelajaran firman Tuhan kita hari ini, mari kita membaca dari Kejadian 1:26-28.

Isi
Definisi: Pemanasan Global
Masalah dunia secara global di mana terjadinya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfet, laut, dan daratan bumi, yang berdampak dapat membahayakan kehidupan manusia di bumi.

Penyebab terjadinya Pemanasan Global
Penyebab dari pemanasan global yang utama adalah adanya efek rumah kaca yang berlebihan. {memberikan penjelasan tentang apa itu efek rumah kaca – 2 video klip}

Dampak Global Warming
Lalu kenapa kalau bumi tambah panas? Bukankah kita tinggal memasang AC banyak-banyak di gereja, di rumah, di sekolah? Apakah dampak dari pemanasan global terhadap bumi?
1. Cuaca: semakin panas, banyak terjadi cuaca ekstrim.
– daerah yang mengalami salju ringan, tidak akan mengalaminya lagi.
– Curah hujan akan terus meningkat, hujan semakin sering terjadi, dan mengandung zat asam yang dapat membahayakan kesehatan manusia. Pikir2 cuci mobil/motor.
– Akibat curah hujan yang tinggi, bencana banjir dan longsor akan semakin sering terjadi.
– Pada 2020, 75 juta hingga 250 juta penduduk Afrika akan kekurangan sumber air,
– Kondisi cuaca ektrim, seperti hujan es, hujan badai, terjangan badai panas, tornado atau angin kencang (puting beliung) akan lebih sering terjadi, bahkan akan menjadi peristiwa rutin.
– Gelombang laut akan semakin tinggi: membuat transportasi laut akan semakin sulit dilakukan, nelayan kehilangan mata pencaharian, wisata pantai menjadi mati, serta rusaknya perumahan di daerah pantai karena terjangan gelombang laut.
2. tinggi permukaan laut akan terus meningkat: akibat es kutub mencair.
– tinggi permukaan laut sudah meningkat 10-25 cm selama abad ke 20, dan akan terus meningkat rata-rata 0,175 centimeter setiap tahun sejak 1961.
– Banjir akibat air pasang akan meningkat (seperti yang terjadi di Jakarta – daerah-daerah yang muara sungai dekat dengan daerah kota), diperparah dengan curah hujan yang tinggi.
– Erosi dari tebing, pantai, dan bukit pasir akan meningkat.
– Air tawar akan tercemar oleh air asin, mengganggu ketersediaan air bersih dan air minum.

3. Pertanian: terjadinya krisis pangan di seluruh dunia.
– pada beberapa daerah, masa tanam akan semakin panjang. Tetapi pada beberapa daerah yang lain, akan terjadi kekeringan yang serius, sehingga tanah menjadi begitu kering sampai tidak bisa ditanami karena persediaan air menguap dengan cepat.
– kekeringan akan menurunkan produktivitas lahan dan kualitas air.
– Tanaman pangan dan hutan akan mengalami serangan serangga dan penyakit yang lebih hebat dan lebih sering.
4. Hewan dan tumbuhan
– Sekitar 20 hingga 30 persen spesies tumbuh-tumbuhan dan hewan berisiko punah jika temperatur naik setara 1,5 derajat Celcius. Jika kenaikan temperatur telah mencapai 3 derajat Celcius, 40 hingga 70 persen spesies mungkin musnah.
– Akibatnya: Risiko terjadinya kebakaran hutan akan meningkat.
– Misalkan: kura-kura laut yang biasa bertelur di daerah pantai, akan punah, seiring dengan rusaknya daerah pantai oleh abrasi dan tinggi permukaan laut yang meningkat.
– Misalkan: beruang es akan kehilangan tempat tingggal, karena es di kutub terus menerus mencair. (video)
5. Kesehatan manusia
– Di catat kurang lebih 160.000 manusia meninggal tiap tahun karena efek pemanasan global.
– banyak orang akan terkena penyakit atau meninggal karena stress panas.
– Nyamuk pembawa parasit, seperti malaria, demam berdarah, akan dapat berkembang dengan luas.
– karena udara yang lebih hangat.
– Seiring udara yang bertambah hangat, insiden penyakit alergi dan penyakit pernapasan akan meningkat, karena polutan, sporamoid, dan serbuk sari penyebab alergi menjadi bertambah banyak.

Mengapa kita harus perduli?
1. Tentu karena semua dampak mengerikan di atas, untuk masa depan anak-anak dan cucu-cucu kita. Agar mereka dapat hidup di dunia yang layak untuk ditinggali.
2. Karena Tuhan ingin kita “berkuasa” di bumi dengan cara yang benar.
Efek rumah kaca ini sudah menjadi berlebihan yang menjadi penyebab terjadinya pemanasan global adalah akibat ulah manusia sendiri yang tidak melaksanakan tanggung jawabnya untuk “berkuasa” di bumi, seperti yang telah Tuhan perintahkan dalam Kejadian 1:26. Dalam kesempatan ini kita belajar bahwa memang selalu ada dua sisi dari Alkitab, yaitu berkat untuk mereka yang melakukan perintah Tuhan; dan kedua, dampak negatif (kutuk) untuk mereka yang tidak melakukan perintah Tuhan. Hal ini tidak bisa dihindarkan, para hamba Tuhan tidak boleh berbohong mengenai hal ini. Alkitab tidak hanya berisi berkat Tuhan, tetapi juga hukuman Tuhan.

Kata “berkuasa” dalam Kejadian 1:26 memiliki arti yang dapat disalah tafsirkan oleh manusia. Kata “berkuasa”, kata ibrani hd’r’ (rada, artinya: have dominion, rule, dominate) memang dapat diterjemahkan sebagai “menguasai, memerintah, bahkan – menjajah”. Dengan dasar ayat ini, manusia seringkali merasa bahwa mereka boleh melakukan apapun di dunia ini, karena mereka lah yang berkuasa di bumi.

Lalu, apakah yang Tuhan maksud dengan manusia “berkuasa” atau bahkan “menjajah di bumi”??? Apakah benar karena manusia berkuasa di bumi, maka kita boleh melakukan apa saja di bumi, entah itu merusak atau membangun bumi??? Apabila kita belajar dari sejarah peradaban manusia, ada 2 tipe penjajahan yang dapat terjadi di dunia ini, di mana sebuah negara melakukan usaha untuk berkuasa di negara yang lain, menjajah negara lain.

Yang pertama, penjajahan gaya kolonial, seperti yang dilakukan oleh Belanda terhadap negara kita, Indonesia. Dalam kasus in, penjajah menjadikan daerah jajahannya sebagai tempat untuk mereka mengambil SDA untuk dipergunakan secara egois, untuk kepentingan negara penjajah. Misalkan, Belanda menjajah Indonesia, oleh karena itu mengangkut kekayaan alam Indonesia (seperti: emas, minyak, batu bara, dll) ke Negara Belanda untuk dipakai membangun negara Belanda sendiri. Yang terjadi adalah Negara Belanda maju, dan alam Indonesia menjadi rusak.

Yang kedua, penjajahan gaya persemakmuran, seperti yang dilakukan oleh Inggris terhadap Singapura dan Australia. Dalam kasus ini, penjajah datang menguasai daerah jajahannya dengan tujuan untuk membantu negeri jajahan tersebut membangun negara mereka sendiri dengan baik. Seperti seorang kakak yang sudah lebih berpengalaman, datang membantu adiknya mengelola SDA negeri mereka sehingga negara maju dapat maju. Yang terjadi adalah Singapura, Australia menjadi negara yang maju; sementara kebaikan budi Negara Inggris tidak pernah dilupakan.

Lalu, kira-kira, tipe berkuasa seperti manakah yang Tuhan ingin manusia lakukan terhadap bumi? Tipe kolonial, seperti Belanda? Atau tipe persemakmuran, seperti Inggris? Tuhan ingin kita berkuasa di bumi, membangun dan memelihara bumi, bukan merusaknya.

Manusia telah berkuasa dan merusak bumi. Karena ingin kehidupan yang lebih baik, kita lupa memelihara bumi. Pohon di tebang secara gila-gilaan untuk keuntungan, pabrik-pabrik di bangun dengan satu tujuan meraup keuntungan sebesar-besarnya dan melupakan dampak buruk pabrik terhadap lingkungan. Hasilnya, efek rumah kaca menjadi berlebihan karena terlalu banyak gas CO2 di udara dari asap pabrik dan kendaraan bermotor, sementara pohon-pohon yang menjadi penyaring CO2 bumi di tebang terus sampai hari ini, tanpa di tanam kembali karena alasan merepotkan dan membuang-buang uang. Jadi, karena CO2 semakin banyak di udara dan sementara pohon-pohon semakin sedikit, maka efek rumah kaca menjadi berlebihan. Akibatnya bumi menjadi semakin panas, terjadilah pemanasan global.
Penutup
Hal2 Praktis yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak global warming
– kalau mau menerima flyer atau brosur di mal, jangan langsung di buang. Kalau gak niat mau menerima, jangan terima. (membuang2 kertas)
– Pakai batere rechargeable (baterai biasa adalah salah satu sampah yang sulit di daur ulang).
– Irit tissue, karena sama dengan kertas, merupakan produk hasil hutan.
– Punya sepatu, baju, dan celana yang sudah tidak dipake, jangan dibuang, tetapi disumbangin.
– Tanam pohon di halaman rumah. Pohon dapat memfilter CO2, dan memprosesnya menjadi oksigen untuk kebutuhan manusia.
– Jangan menggunakan fitur pengering dari mesin cuci. Menghemat CO2 sampe 300kg/tahun.
– Mematikan peralatan listrik seperti lampu yang tidak terpakai, termasuk komputer, TV, radio, dll. (mencabut charger, karena jika tercolok masih memakai energi listrik).
– Mengganti semua lampu dengan lampu hemat energi (hemat uang juga).
– Pake ulang botol air mineral. Isi sendiri di rumah. Jangan terus menerus membeli air mineral berbotol.
– Memakai kendaraan secara efektif dan efisien – tidak membuang CO2 dari bahan bakar kendaraan karena kemalasan. Apabila pergi bersama-sama, teapi cukup keluar dengan satu kendaraan ke tempat tujuan (misal: rumah makan), maka gunakan saja satu kendaraan.
– Kumpulkan paper atau makalah tugas sekolah dengan print kertas bolak-balik, atau dengan halaman sebaliknya kertas bekas print.
– Apabila ingin membeli kendaraan bermotor yang telah lulus uji emisi (minim polutan).
– Lebih bagus lagi, gunakan saj transportasi publik. Pemerintah berencana membangun fasilitas transportasi publik yang berkualitas (bus, kereta bawah tanah – subway, dll), gunakan fasiltas transportasi publik untuk mengurangi penggunaan bahan bakar untuk transportasi (salah satu penyumbang CO2 terbesar).
– Bila dana memadai, gunakan sumber energi lain seperti gas dan energi matahari. Misalkan, gunakan kendaraan berbahan bakar gas (ramah lingkungan).

Untuk semua slide video dan powerpoint… silahkan download di http://www.4shared.com/file/71416283/2c86bb7e/pemanasan_global.html

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: