Ilustrasi – Pelajaran dari runtuhnya Mall Shamoo Korea

ga041014

Mall Shamoo di Korea, ambruk. Menewaskan ratusan orang pengunjungnya. Bagaimana mungkin mall yang megah itu bisa ambruk begitu saja? Hasil penyelidikan menemukan bahwa penyebab ambruknya mall itu terkait dengan sejarah masa lalu, hal remeh, yaitu bangunan mall berlantai lima tersebut ternyata semula di desain untuk menjadi sebuah kantor.

Bangunan kantor yang sudah setengah jadi itu, di tengah jalan diubah menjadi bangunan mall oleh sang pemilik bangunan yang berambisi untuk meraup keuntungan. Sang arsitek yang mendesain bangunan kantor, bersikeras menolak perubahan konsep menjadi mall karena ia tahu akibatnya. Sangat berbahaya.

Singkat cerita, sang pemilik bangunan, memecat arsitek lama karena menolak keinginannya dan memberikan proyek itu kepada arsitek yang baru. Oleh sang arsitek baru, dengan desain yang menurutnya mutakhir, ukuran tiang penyangganya diubah, diperkecil beberapa inci.

Mall Shamoo berdiri megah. Ribuan pengunjung berdatangan setiap harinya. Tanpa disadari pengunjung, mall itu menyimpan bahaya yang mengincar, yaitu bisa ambruk kapan saja. Apalagi, di atap mall diletakkan pula AC yang beratnya puluhan ton tanpa ada pertimbangan akan sejarah fondasi dan kekuatan tiang penyanggga bangunan tersebut.

Walhasil, mall megah dengan tiang penyangga yang memang tidak di konsep menjadi mall oleh arsitek sebelumnya, ambruk hanya dalam hitungan menit saja. Merenggut ratusan jiwa. Demikianlah, tragedi itu terjadi hanya karena ambisi pemilik bangunan, dan karena minimnya wawasan sang arsitek yang baru.

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: